Kamis, 21 Maret 2019

Fungsi dari Iklan

Iklan adalah sebuah media yang digunakan untuk membangun identitas merek atau sebuah brand, iklan juga sebagai media untuk berkomunikasi adanya perubahan produk lama, atau memperkenalkan produk baru / jasa kepada pelanggan. Hal ini telah menjadi elemen penting dari dunia usaha, dan karena itu, perusahaan mengalokasikan sejumlah besar sumber daya untuk anggaran iklan Anda.

Ada beberapa fungsi dari iklan, beberapa di antaranya adalah:

1. Meningkatkan penjualan produk / jasa.
2. Menciptakan dan memelihara identitas merek atau brand image.
3. Melaporkan perubahan dalam produk yang sudah ada.
4. Memperkenalkan produk atau jasa baru maupun sebuah company.
5. Meningkatkan nilai gebrakan merek / brand atau meningkatkan nilai dari sebuah perusahaan

Beberapa fungsi dari iklan yang telah disampaikan diatas, maka dari fungsi iklan tersebut membuat atau menjadikan para pengiklan dan perusahaan jasa pembuat iklan bergiat dalam menggunakan media untuk memasarkan produk / iklan yang dipasarkan. Sebagai contoh iklan yang dipasarkan melalui media :

A. Media Cetak
Iklan di media cetak adalah iklan yang dibuat dengan cara di cetak di media kain, kertas dan lainnya.
Iklan media cetak seperti iklan di spanduk, standing banner, iklan yang disebar melalui pamflet / selebaran, juga iklan di koran atau majalah.

B. Media Elektronik
Iklan di Media Elektronik adalah iklan yang dibuat terlebih dahulu, dan dalam proses penyebarannya iklan ini menggunakan media elektronik untuk penjangkauannya seperti televisi, dan radio.

C. Media Internet
Iklan di media internet adalah iklan di zaman digital atau di zaman modern ini. Iklan di media internet ini memang menjadi salah satu iklan terfavorit masa sekarang, yaitu iklan yang dipasang melalui media sosial seperti facebook ads, instagram ads dan iklan yang dipasangkan di search engine seperti google, bing dan yahoo. 

D. Media Gabungan
Iklan yang dibuat dalam media cetak dan internet adalah iklan yang ada di zaman sekarang serta merupakan sebagai iklan yang terbaik saat ini. Iklan media gabungan sebagai contoh adalah iklan stiker mobil, maupun iklan LCD yang dipasangkan di motor.
Berkembangnya dunia internet di ponsel melalui android dan IOS membuat iklan juga ikut dalam perkembangnya. Dengan menggunakan media stiker iklan mobil maka fungsi dari iklan jadi berasa lebih efisien, efektif dan dengan cara yang unik ini stiker iklan mobil ini dijalankan, yaitu di dalam media gabungan, dengan cara mencetak stiker yang ditempelkan di kaca atau body mobil dan dengan menggunakan media internet, GPS dalam aplikasi andorid atau IOS yang diinstall di handphone pengendara yang juga dipantau oleh perusahaan jasa pengiklan untuk memantau efektifitas iklan yang ditempel di mobil tersebut.



Demikianlah beragam media periklanan yang ada di dunia, oleh karena itu, tidak lepas juga dunia periklanan di Indonesia ini. Media-media ini pasti berkembang di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar